Sabtu, 09 November 2013

Zona Anomali Suhu di Cina

Zona anomali suhu ini terletak di Provinsi Henan, Cina. Penduduk setempat biasa menyebutnya sebagai "Bingbing Bei" atau dalam bahasa Indonesia yang berarti punggung es.

Tempat ini seolah-olah tidak tersentuh perubahan musim. Jika di wilayah lain Cina sedang mengalami musim dingin, maka di tempat ini justru bersuhu hangat.


Namun sebaliknya, jika di wilayah Cina yang lain sedang musim panas, maka di tempat ini justru suhu sedang dingin-dingin nya. Ketika di musim ini suhu di wilayah Cina yang lain mencapai 30° Celcius, suhu di tempat ini justru berada di -12° Celcius, sampai-sampai suhu sedingin ini dapat menembus hingga 1 meter di bawah tanah. Saking dinginnya, air yang berada di tempat tersebut sampai membeku. Hal yang menakjubkan, jika kita berada di tempat ini saat musim dingin sambil menangis, maka sebelum menyentuh tanah, air mata kita sudah membeku duluan. Wow..!

Dengan adanya fenomena ini, kawasan ini sering disebut orang sebagai "Zona Anomali Suhu". Panjang zona anomali suhu ini kira-kira 15 km dengan luas sekitar 106.000 meter².

2 komentar:

  1. hy guys ingin nmendapatkan uang jutaan rupiah gak ^^
    ayo segera bergabung dengan saya di F/A/N/S/P/O/K/E/R
    disini hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang jutaan rupiah lo
    ayo tunggu apa lagi kami tunggu ya pendaftarannya ^^

    BalasHapus