Minggu, 26 Oktober 2014

Bumi

Blog Akip - Assalamualaikum Wr. Wb.. Sudah lama saya nggak ngeposting blog ini. dikarenakan saya sibuk sekolah hehe :D. Ok sekarang saya akan menjelaskan tentang bumi. Silahkan disimak :D
Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU. Kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik. Sedangkan kala revolusinya adalah 365,25 hari. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindungi permukaan Bumi dari angin surya, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti Bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Ionosfer, Termosfer, dan Eksosfer.
Lapisan ozon, setinggi 50 kilometer, berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi Bumi dari sinar UV. Perbedaan suhu permukaan Bumi adalah antara -70 °C hingga 55 °C bergantung pada iklim setempat. Sehari dibagi menjadi 24 jam dan setahun di Bumi sama dengan 365,2425 hari. Bumi mempunyai massa seberat 59.760 miliar ton, dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. Berat jenis Bumi (sekitar 5.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain, dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1.
Bumi memiliki diameter sepanjang 12.756 kilometer. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain, dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. 70,8% permukaan Bumi diliputi air. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan 1% uap air, karbon dioksida dan gas lain.
Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam Bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1.370 kilometer dengan suhu 4.500 °C, diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2.100 kilometer, lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2.800 kilometer membentuk 83% isi Bumi dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak Bumi setebal kurang lebih 85 kilometer.
Kerak Bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. Kerak Bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa Bumi.
Titik tertinggi di permukaan Bumi adalah gunung Everest setinggi 8.848 meter dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1.637 meter, sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394.299 km2.

Struktur Bumi




Bumi secara umum dibagi menjadi 3 bagian atau lapisan seperti yang terlihat pada gambar diatas yang terdiri dari :
  1. Inti Bumi (core), terletak dari mulai kedalaman 2.900 km sampai ke pusat bumi. Densitasnya berkisar dari 9,5 gr/cc dan membesar ke arah pusat bumi sampai 14,5 gr/cc. Berdasarkan besarnya nilai densitas ini diperhitungkan bahwa inti bumi terdiri dari unsur-unsur yang memiliki densitas besar, Ni (nikel) dan Fe (besi). Oleh karena itu inti bumi disebut juga sebagai lapisan NiFe. 
  2. Selubung Bumi (mantle), atau mantel, merupakan lapisan yang menyelubungi inti bumi, merupakan bagian terbesar dari bumi, 82,3 persen dari volume dan 67,8 persen dari keseluruhan massa bumi. Mantel tediri dari bartuan,ketebalannya 2.883 Km. Densitasnnya berkisar dari 5,7 gr/cc dekat dengan inti dan 3,3 gr/cc didekat kerak bumi.
  3. Kerak Bumi (crust), merupakan lapisan terluar yang tipis, terdiri batuan yang lebih ringan dibandingkan dengan batuan selubung dibawahnya. dengan densitas rata-rata 2,7 gr/cc. Ketebalannya tidak merata, perbedaan ketebalan ini menimbulkan perbedaan elevasi antara benua dan samudera. Pada daerah peguningan ketebalannya lebih dari 50 Km dan pada beberapa samudera kurang dari 5 Km. Berdasarkan data kegempaan dan komposisi material pembentuknya, para ahli membagi menjadi kerak-benua dan kerak-samudra. Kerak Benua, pada umumnya terdiri dari batuan granitik, ketebalnnya rata-rata 40 Km, dan berkisar antara 30-50 Km. Oleh karena kayannya akan unsur silikon (Si) dan allumunium (Al) maka ada yang menyebutnya sebagai unsur SiAl. Kerak Samudera, terdiri dari batuan basalitik yang tebalnya sekitar 7 Km, kerak samudra kaya akan unsur Si dan Mg (silikon dan magnesium) oleh karena itu disebut juga dengan lapisan SiMa.
Ok sekian dari saya, semoga bermanfaat ya. saya pamit dulu ok. Assalamualaikum.Wr. Wb.

Sumber:
Bumi - Wikipedia Bahasa Indonesia 

3 komentar:

  1. gan ane minat bekerja sama dengan blog ente insyaallah bisa sering gajian gan ane manfaatin, jika berminat bisa hubungi 089654792611 sms/wa, ane cari kontak ente kaga nemu nemu

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker''com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    BalasHapus
  3. yang pasti bumi itu bulat dan tidak rata

    POKERWAW
    BANDAR POKER
    CARA DAFTAR POKER ONLINE
    CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA
    MENERIMA DEPOSIT PULSA
    BONUS MEMBER BARU 30%
    WOW KEREN

    Hubungi kami melalui cara di bawah ini
    BBM : POKERWAW
    WhatsApp : (+855)715381888
    LINE : POKERWAW
    LIVECHAT POKERWAW

    BalasHapus