Kamis, 30 Oktober 2014

5 Perbatasan Negara Paling Rumit di Dunia


Blog Akip - Assalamualakum Wr. Wb.. Kebanyakan dari kita berpikir bahwa perbatasan negara itu tidak terlihat, atau hanya menganggap sebuah garis. Jika berdiri di satu sisi, kita berada di suatu negara; jika berdiri di seberang garis, kita berada di negara lain. Namun, ada beberapa negara yang memiliki perbatasan yang sangat rumit dengan negara lain. Berikut adalah 5 perbatasan negara paling rumit di dunia.

1. Eksklave India di Bangladesh yang Berisi Eksklave Bangladesh (yang mana Berisi Eksklave India Lain)

Distrik Cooch-Behar, terletak di perbatasan antara India dengan Bangladesh, merupakan salah satu perbatasan paling rumit, yang memiliki 102 eksklave India di sisi Bangladesh dan 71 eksklave Bangladesh di sisi sebaliknya.

Contoh, ambil wilayah Balapara Khagrabari (India) yang mana merupakan wilayah eksklave India di Bangladesh. Di dalamnya, terdapat eksklave Bangladesh lagi, dan di dalamnya lagi terdapat eksklave India—seperti donat di dalam donat di dalam donat. Atau dalam istilah non-kue: Balapara Khagrabari merupakan satu-satunya wilayah di dunia yang memiliki eksklave di dalam eksklave dan terdapat eksklave lagi di dalam eksklave tersebut. Mengerti tidak? Wkwkwk.

Nah, pada tahun 2011, pemerintah India dan Bangladesh membuat perjanjian dan sepakat untuk menghilangkan semua eksklave, membuat garis perbatasan yang mulus dan bersih, serta membuat orang yang tinggal di sana bebas memilih kewarganegaraannya.

Mau tau lagi tentang Distrik Cooch-Behar? Liat aja sendiri di sini.

2. Penutup Waktu di Perbatasan Belanda-Belgia


Pasti pernah liat 'kan, foto di atas? Pastinya, karena itu foto sudah masuk di acara On The Spot. Wkwkwk.

Namanya Baarle, kota kecil di perbatasan antara Belanda dengan Belgia. Pada bagian Belgia, kota diberi nama Baarle-Hertog. Wilayahnya tidak terlalu luas, karena merupakan sebuah eksklave kecil di dalam kota  Baarle-Nassau, wilayah Belanda. Sama kaya di Cooch-Behar, semua eksklave Belgia memiliki eksklave Belanda, membuat petanya seperti gambar tak karuan.

Mau liat gimana peta kotanya? Nih dia.


Aneh? Ya iya lah. Tapi enak, karena batas resmi antara Belgia dan Belanda selalu tembus lewat ruang tamu, pekarangan dan kafe, jadi mungkin untuk duduk di meja minum secangkir kopi dengan seseorang yang benar-benar berada di negara yang berbeda.

Untuk sementara ini, hukum di Belanda mengharuskan rumah makan dan restoran untuk tutup lebih awal daripada yang di Belgia dengan alasan ga jelas. Pada waktu penutupan di Belanda, pelanggan harus bangun dan memindahkan meja ke sisi Belgia. Seperti di Cooch-Behar, perbatasan yang ga jelas itu diakibatkan oleh sejarahnya yang panjang.

3. Kota Amerika yang Sebenarnya Berada di Kanada


Tahun 1787, Perjanjian Paris memberi wilayah selatan ke pemberontak Amerika baru aja menang, dan wilayah utara kepada British Kanada. Perjanjian itu mengatakan bahwa Amerika akan mendapatkan semua wilayah Inggris "melalui Lake of the Woods, ke titik barat laut paling daripadanya, dan dari situ mengarah ke barat karena sungai Mississippi...". Masalahnya adalah, peta yang mereka gunakan itu ga sesuai kenyataan.

Mereka tidak tau bahwa pada waktu itu hulu sungai Mississippi berada jauh di selatan. Jadi, jika kalian mengikuti petunjuknya, maka satu hal lucu muncul, 123 mil persegi wilayah Minnesota berada di wilayah Kanada, yang mana masih ada sampai sekarang. Kota itu bernama "Northwest Angle".

Penduduk kota tersebut harus menelpon dengan video call ke Bea Cukai Kanada jika ingin pergi, dan melakukan video call lagi kalau ingin masuk kota ke Bea Cukai Amerika. Hebat 'kan? Mau pergi atau pulang aja harus ke luar negeri dulu. Wkwkwk.

4. Pulau di Mana Kalian Bisa Melihat Masa Depan dan Masa Lalu


Ada sebuah kepulauan — namanya Kep. Diomede, terpisah sejauh 4 km — tepat di tengah-tengah Selat Bering. Yang satu bernama Diomede Kecil, dimiliki oleh AS, berpenduduk sekitar 150 orang. Yang satu lagi bernama Diomede Besar dimiliki oleh Rusia dan tidak berpenduduk. Selain keduanya dibatasi oleh laut dan berbeda negara, mereka juga dibatasi oleh Batas Penanggalan Internasional, yang memungkinkan orang di Pulau Diomede Kecil bangun hari Minggu, minum segelas kopi, menyeberangi selat, dan tiba di Pulau Diomede Besar pada hari Senin.

Keren 'kan? Mungkin kalau hal itu ada di Indonesia, maka pastinya orang-orang bakal bermigrasi pada hari Jumat ke Pulau Besar, lalu kembali pada hari Senin ke Pulau Kecil. Jadi libur 4 hari deh. Wkwkwk.

5. Segelintir Wilayah yang Tidak Inginkan Siapapun

Yap, benar sekali. Ada wilayah di dunia ini yang tidak diinginkan siapapun. Entah itu karena aturan pemerintah atau memang karena nasib wilayahnya yang jelek. Kira-kira, ada yang tau gak, di mana?

Bagi yang menjawab Antartika, benar, tapi salah. Karena yang kali ini dibahas itu bukan Antartika, melainkan di wilayah perbatasan Mesir dengan Sudan. Tau 'kan di mana kedua negara tersebut berada? Kalau gak tau, keterlaluan.


Pada tahun 1899 saat Inggris menguasai Mesir dan Sudan, mereka menggambar sebuah peta kecil. Mereka mengatakan bahwa Sudan akan mendapatkan wilayahnya pada garis 22 derajat ke selatan, sedangkan Mesir akan mendapat wilayahnya di atas garis tersebut. Ya itu simpel, tapi 3 tahun kemudian, sekelompok orang Inggris lain menggambar peta yang berbeda. Meski masih mengikuti garis 22 derajat lintang selatan, tapi mereka menggambarnya salah di bagian timur.

Peta tahun 1902 memberi Sudan sepetak tanah tambahan yang terkenal dengan nama Hala'ib Triangle (Segitiga Hala'ib) di utara garis 22 derajat dan mengurangi petak tanah di sebelah barat daya Segitiga Hala'ib. Sementara itu, Mesir tidak menginginkan petak tanah tersebut, yang diketahui sebagai Bir Tawil. Hingga seratus sepuluh tahun kemudian, perbatasan tersebut masih menjadi perebutan.

Secara tidak mengejutkan, pihak Mesir mengindikasikan peta tahun 1899 adalah peta "sesungguhnya", sementara pihak Sudan menganggap peta tahun 1902 adalah yang paling benar. Kedua negara tersebut mengklaim tanah Segitiga Hala'ib sebagai bagian dari mereka, sedangkan tanah Bir Tawil ..... Ya gitu deh.

Btw, terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Wr. Wb..

Sumber:
The Most Complex International Borders in the World - YouTube
5 Puzzling International Borders | Mental Floss
Cooch Behar district - Wikipedia the free Encyclopedia
Baarle - Wikipedia the free Encyclopedia
Bir Tawil - Wikipedia the free Encyclopedia

5 komentar:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker''com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    BalasHapus
  2. makasih atas infonya sangat membantu, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2OCfQmP

    BalasHapus
  3. thanks banget ini info terbaru yang wow di 2018

    POKERWAW
    BANDAR POKER
    CARA DAFTAR POKER ONLINE
    CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA
    MENERIMA DEPOSIT PULSA
    BONUS MEMBER BARU 30%
    WOW KEREN

    Hubungi kami melalui cara di bawah ini
    BBM : POKERWAW
    WhatsApp : (+855)715381888
    LINE : POKERWAW
    LIVECHAT POKERWAW

    BalasHapus
  4. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    Well over 160 000 women and men are hacking their diet with a simple and SECRET "liquid hack" to drop 1-2lbs each night as they sleep.

    It's painless and works with anybody.

    Just follow these easy step:

    1) Hold a glass and fill it with water half full

    2) And then learn this crazy hack

    so you'll become 1-2lbs lighter the next day!

    BalasHapus