Senin, 14 Juli 2014

Sekilas tentang Machu Picchu

Blog Akip - Yes, hari ini hari pertama sekolah. Tapi masuk cuma seminggu doang, terus libur lagi. Eh iya lupa, kali ini kita akan membahas sekilas tentang Machu Picchu. Sebelumnya, Assalamualaikum Wr. Wb.



Machu Picchu, sering disebut juga sebagai "Kota Inka yang hilang", merupakan sebuah lokasi reruntuhan suku Inka yang terletak di wilayah pegunungan, di atas lembah Urubamba, Peru, dan berada di ketinggian sekitar 2.350 meter di atas permukaan laut.

Machu Picchu dibangun sekitar tahun 1450 oleh suku Inca, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian karena bangsa Spanyol berhasil menaklukkan kerajaan Inka. Reruntuhan ini sempat dilupakan dunia, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Reruntuhan ini ditemukan kembali pada tahun 1911 oleh seorang Arkeolog dari Universitas Yale, Hiram Bingham. Sejak itu, Machu Picchu menjadi lokasi objek wisata yang menarik bagi turis lokal maupun internasional.


Machu Picchu telah ditunjuk sebagai salah satu  Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1983 dan juga merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru. 

Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Temple of the Sun (Kuil Matahari), dan Room of the Three Windows (Ruangan Tiga Jendela). Tempat-tempat tersebut disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu.

Machu Picchu sangat rentan terhadap ancaman kerusakan. Fenomena alam seperti gempa bumi dan  cuaca buruk juga merupakan malapetaka bagi reruntuhan tersebut. Machu Picchu ini juga juga mengalami masalah lain, seperti terlalu banyaknya wisatawan yang datang. Selain itu, pelestarian warisan budaya dan arkeologi di daerah itu merupakan masalah yang sedang berlangsung. Yang paling menonjol, pengambilan artefak budaya oleh Bingham pada awal abad ke-20 memunculkan sengketa jangka panjang antara pemerintah Peru dan penjaga artefak, Universitas Yale.

Nah, bagaimana? Sudah ada pengetahuan sedikit kan tentang Machu Picchu? 

Terima kasih telah berkunjung, mohon maaf jika ada kesalahan. Wassalamualaikum Wr. Wb


Sumber:
Diri sendiri
Wikipedia Indonesia 
Wikipedia Inggris 

Sumber gambar:
Google 

1 komentar:

  1. mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
    deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di F*A*N*S*P*O*K*E*R

    BalasHapus